Sebelum Kredit Motor, Inilah Tips yang Wajib Anda Tahu

Sebelum Kredit Motor, Inilah Tips yang Wajib Anda Tahu

Kebutuhan manusia terus bertambah seiring berjalannya waktu, termasuk transportasi yang dapat membantu segala aktivitas. Anda dapat bekerja dengan lebih cepat karena sampai di kantor tepat waktu karena kendaraan. Tidak heran saat ini banyak sekali kendaraan yang ada di jalanan kota, seperti mobil ataupun motor. Pembelian motor memang cukup penting, tetapi harganya cukup tinggi. Kredit motor jadi pilihan banyak orang, yuk intip tips jitunya di sini!

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda beda, termasuk untuk penggunaan motor. Anda dapat menyesuaikan tipe atau jenis motor dengan kebutuhan, seperti bebek, matic, atau spor manual. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda, sehingga harus dipilah dan dipilih dengan tepat. Apabila motor dipakai oleh seluruh anggota keluarga, salah membeli tipe motor akan mengakibatkan kendaraan ini tidak dapat dipakai secara maksimal.

  1. Sesuaikan dengan Anggaran

Membeli motor dengan cara mencicil menandakan bahwa uang yang anda miliki belum cukup untuk membeli secara tunai. Oleh karena itu, sangat penting memerhatikan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan anda. Pastikan jumlah cicilan tidak membebani dan membuat anda terlambat dalam membayarnya. Harga motor yang semakin besar akan memengaruhi besarnya cicilan dan lamanya waktu yang diperlukan untuk melunasinya.

  1. Lakukan Survei dan Perbandingan

Di Indonesia tersebar banyak dealer yang dapat melayani anda untuk pembelian motor, baik kredit maupun tunai. Berbagai penyedia jasa ini juga memberikan banyak penawaran, mulai dari harga, diskon, ataupun besarnya cicilan. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak terburu buru saat membeli motor. Pastikan telah survei ke beberapa dealer mengenai harga dan kualitas tempat tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari setelah membeli motor.

  1. Temukan Leasing Terbaik

Seperti halnya dengan dealer, perusahaan leasing yang dapat melayani pembelian motor secara kredit juga sangat banyak. Anda dapat memilih salah satu perusahaan yang memberi penawaran terbaik, kredibilitas yang baik, dan layanan yang memuaskan. Dealer biasanya memberikan rekomendasi leasing untuk anda, tetapi dalam praktiknya anda bisa memilih sendiri. Carilah informasinya agar dapat membandingkan dan mempertimbangkan.

  1. Pilih Penawaran Leasing Terbaik

Sebelum memilih salah satu leasing, anda harus mengetahui beberapa hal penting agar tidak kecewa. Banyak penawaran yang diberikan untuk calon customer, seperti bunga kredit yang diterapkan, sehingga tidak terbebani suku bunga yang tinggi. Hal ini berdampak pada besarnya cicilan yang anda tanggung. Selain itu, fasilitas pembayaran yang diberikan, agar anda tidak kesulitan saat membayar. Jangan lupa untuk lakukan simulasi kredit agar sesuai keuangan.

  1. Pertimbangan Berbagai Biaya

Beberapa orang mengabaikan berbagai biaya yang dikenakan oleh perusahaan leasing, hingga besarnya cicilan membengkak. Anda harus menanyakan biaya denda terlambat cicilan, biaya penalti kalau melunasi di awal, biaya mengambil BPKB, dan biaya lainnya. Hal ini sering hali terlupakan dan tersadar saat masa kredit telah berjalan selama beberapa bulan. Tindakan ini tentu merugikan anda dan kondisi keungan keluarga di kemudian hari.

Kebutuhan yang semakin meningkat membuat anda harus memenuhinya satu per satu tanpa bisa ditunda. Salah satu kebutuhan yang mendesak, yaitu motor untuk dipakai kerja atau bepergian. Tindakan yang tepat saat membeli motor adalah secara kredit agar anda dapat mengatur alokasi dana ke berbagai kebutuhan yang lain. Sebelum memutuskan mencicil motor, ada baiknya menerapkan 6 tips tersebut agar tidak kecewa di kemudian hari.