Jangan Asal Beli, Intip 5 Tips Kredit Motor yang Tepat

Jangan Asal Beli, Intip 5 Tips Kredit Motor yang Tepat

Kendaraan bermotor mampu menunjang anda dalam beraktivitas, seperti pergi bekerja atau sekolah. Dengan memiliki kendaraan pribadi, anda kan lebih hemat waktu dan biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Memiliki motor pribadi dapat anda lakukan dengan cara kredit agar biaya terasa lebih ringan dengan waktu yang lebih panjang. Agar anda tidak salah dalam membeli motor, yuk intip beberapa tips berikut ini dalam memilih motor kredit.

  1. Pahami Kebutuhan Anda

Sebelum membeli motor dan mengeluarkan biaya lebih, pastikan anda telah mengetahui prioritas dan kebutuhan terlebih dahulu. Apabila saat ini telah memiliki 1 unit motor, anda harus mempertimbangkan tingkat kebutuhan untuk menambah 1 unit lagi. Apabila anggota keluarga anda ada yang membutuhkan alat transportasi serupa, anda dapat membeli 1 motor lagi. Harga dan tipe motor juga harus disesuaikan terlebih dahulu agar bermanfaat.

  1. Pilihlah Jenis Motor yang Tepat

Memakai motor dengan nyaman dan aman juga bergantung para jenis kendaraan yang tepat. Anda dapat memilih antara tiga jenis motor, yaitu bebek, matic, atau sport manual yang memiliki kelebihan berbeda beda. Sebelum itu, anda harus menyesuaikan antara kebutuhan dan keunggulan yang dimiliki setiap jenis motor ini. Pastikan pilihan anda tidak hanya tergiur oleh iklan atau penawaran dealer, tetapi juga ditunjang dari telaah kebutuhan yang tepat.

  1. Tentukan Merk Motor Pilihan

Sebelum membeli motor secara kredit, anda harus memilih merk pilihan yang tepat. Setiap jenis motor memiliki produk yang head to head dengan merk lain. Hal ini bertujuan agar produk yang dikeluarkan memiliki kualitas yang sama, baik dari segi karakteristik, fitur fitur, maupun spesifikasi mesin di dalamnya. Cara jitu dalam memilih motor, yaitu anda harus cek harga pasaran untuk jual kembali. Hal ini membantu, apabila suatu saat ingin menjualnya.

  1. Carilah Informasi Dealer Resmi

Yang Tidak Kalah Penting adalah memilih dealer resmi sebagai tempat membeli motor secara kredit. Carilah informasi yang lengkap seputar tempat penjualan resmi ini agar anda mendapat penawaran yang menarik. Beberapa ciri tempat penjualan resmi, antara lain tempat bangunan yang relatif luas, menampung puluhan motor baik sebagai display atau stock unit, ada bengkel servis, dan tersedia spare part yang cukup lengkap.

  1. Interaksi dengan Sales Dealer

Tempat penjualan resmi ini memiliki karyawan yang bergerak di bidang penjualan atau yang biasa disebut salesman atau sales girl. Tidak hanya terpaku di area kantor atau dealer, sales ini juga dapat menyusur ke berbagai tempat yang jauh dari wilayahnya. Hal ini bertujuan agar dapat menarik customer dari berbagai wilayah dan meningkatkan penjualan. Banyak pula yang melakukan strategi marketing ini secara online agar jangkauannya lebih luas.

Anda dapat melakukan interaksi dengan salesman ini dan bertanya tanya terkait motor yang diinginkan. Cara ini dapat membuat anda memahami perbedaan setiap spesifikasi dan karakteristik kendaraan. Tidak hanya itu, anda juga mendapat informasi lebih seputar harga, besar cicilan, keunggulan motor, dan fitur yang ditanam di dalamnya. Dengan begitu, anda semakin mantap dengan pilihan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebelum membeli motor, anda dapat mengukur kemampuan keuangan dan kebutuhan. Bila dananya belum mencukupi sedangkan kebutuhan cukup mendesak, anda dapat mengambil motor dengan cara kredit. Pastikan telah bertanya seputar tipe motor, harga, dan besar cicilan yang harus dibayarkan melalui sales marketing dealer. Pastikan dealer yang anda pilih resmi serta terpercaya agar tidak tertipu dan memeroleh penawaran yang terbaik.