5 Tips Agar Bisa Bayar Cicilan Kredit Secara Rutin

5 Tips Agar Bisa Bayar Cicilan Kredit Secara Rutin

Rata-rata orang takut mengambil kredit karena faktor bayar cicilan yang memberatkan. Apalagi jika jenis kredit yang diajukan untuk motor atau mobil, dengan harga yang tidak bisa dikatakan murah. Sehingga memilih untuk menabung lama ketimbang mengambil kredit dengan gegabah. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang tidak ada solusinya, anda masih bisa mengantisipasi terjadinya kredit macet. Berikut beberapa solusi yang diberikan.

  1. Sisihkan Gaji untuk Cicilan

Setelah menerima gaji anda sebaiknya langsung menyisihkan anggaran khusus cicilan. Pisahkan dana tersebut agar tidak tercampur dengan biaya yang lainnya. Takutnya anda lupa ataupun tidak sengaja mengambil, kemudian sudah dibelanjakan untuk keperluan lain. Saat jatuh tempo anda baru kebingungan untuk mencari pinjaman lagi. Bukannya menutup satu pintu hutang, justru anda menggali lubang di tempat yang berbeda.

  1. Taruh Cicilan Sebagai Prioritas

Setelah anda meneken kontrak untuk mengambil kredit kendaraan, mulai saat itulah anda harus serius. Sebab berkaitan dengan tanggung jawab terhadap pilihan yang anda ambil. Jangan sampai mengabaikan kewajiban dan justru membelanjakan anggaran yang sudah disisihkan. Maka dari itu tempatkan dulu kredit di posisi teratas, dengan begitu akan mudah bagi anda memilah-milah lainnya. Cukup tidak cukup itulah penghasilan yang baru bisa anda belanjakan.

  1. Buat Tanggal Pembayaran Dekat Waktu Gajian

Biasanya jatuh tempo angsuran terletak di awal bulan, kira-kira sebelum tanggal 10 atau 15. Sedangkan waktu penerimaan gaji umumnya berkisar tanggal 1-5 dalam satu bulan. Untuk menghindari lupa ada baiknya membuat tanggal penagihan dekat waktu gajian. Sehingga tidak perlu menyisihkan dana terlalu lama, karena langsung terpotong saat pembayaran di awal. Cara seperti ini jauh lebih efektif ketimbang menyimpan uang terlebih dahulu.

Pilih setidaknya 2 hari setelah tanggal menerima gaji jadi tidak terlalu jauh. Usahakan tidak sampai waktu jatuh tempo, baru anda kebingungan untuk membayarnya. Sebelum saatnya penagihan anda sudah lebih dulu membayar jumlah angsuran. Trik ini akan membuat anda jauh lebih lega, daripada memperhitungkan banyak hal yang bisa saja menjadikan anda semakin gelisah. Sekaligus perasaan anda jauh lebih tenang jika ingin membelanjakan sisa penghasilan.

  1. Menerima Tagihan Melalui Email

Biasanya petugas penyedia kredit sudah memberi peringatan kepada anda, kurang lebih 5-7 hari sebelum jatuh tempo. Usulkan kepada mereka untuk mengirimkan tagihan lewat email, selain melalui WA ataupun SMS. Hal ini karena email dirasa lebih efektif selain itu dapat menyimpan data dalam waktu yang lama. Sehingga jika suatu saat terjadi kesalahan komunikasi, anda bisa memberikan bukti otentik yang tersimpan di email anda.

  1. Pilih Cara Mudah Membayar Cicilan

Sebagian besar orang malas untuk membayar angsuran langsung ke kantor. Mungkin karena tidak kesempatan waktu, atau jarak tempatnya terlalu jauh. Sebagai solusinya anda bisa memanfaatkan ATM terdekat, atau pembayaran secara online. Sehingga anda tidak perlu mengantre, ataupun menempuh perjalanan jauh ke kantor tertentu. Atau melakukan autodebet agar langsung terbayarkan, tepat setelah anda menerima gaji di awal bulan.

Tidak perlu khawatir lagi untuk membayar cicilan, yang awalnya dianggap membebani. Anda hanya perlu meletakkanya pada prioritas utama, sekaligus menempatkan pembayaran dekat dengan tanggal gajian. Dengan begitu mudah bagi anda menyisihkan sebagian penghasilan untuk kepentingan angsuran. Jangan sampai mencampurnya dengan dana lain, jika tidak ingin sisihan anggaran tak sengaja dibelanjakan untuk keperluan lainnya.