Sudah Tahu Prosedur Mengajukan Kredit Motor? Yuk Cek Di Sini

Sudah Tahu Prosedur Mengajukan Kredit Motor? Yuk Cek Di Sini

Membeli kendaraan memang sangat membantu anda dalam beraktivitas, sehingga dapat kerja atau sekolah dalam waktu yang lebih cepat. Beberapa kendaraan umum tidak bisa menjangkau daerah yang anda tuju, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama. Motor adalah salah satu mode kendaraan yang cukup terjangkau untuk kelas menengah. Kredit motor dapat anda ajukan jika dana belum mencukupi, berikut prosedur yang harus anda ketahui versi YaboID!

  1. Datang ke Dealer

Sebelum membeli motor, anda harus memilih salah satu dealer terpercaya dalam hal harga dan kualitas yang ditawarkan. Tentu sebelum itu, anda juga harus memiliki tipe motor yang diinginkan serta sesuai dengan kebutuhan. Yang tidak kalah penting, anda juga sudah harus mengincar merek motor agar proses pembeli lebih cepat. Setelah itu, cukup datang ke dealer dan menanyakan terkait prosedur, ketentuan, harga, dan beberapa hal penting lain.

  1. Hubungi Petugas Leasing

Selain memilih dealer, anda juga harus memilih perusahaan leasing yang tepat. Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan leasing terbaik dengan biaya yang terjangkau agar anda tidak mengeluarkan biaya melebihi budget. Setelah datang ke dealer, hubungi petugas dari kantor leasing untuk menanyakan system kredit yang ditetapkan. Setiap jenis motor dikenai system dan harga yang berbeda, termasuk kurun waktu serta biaya tambahan lainnya.

  1. Tentukan Biaya dan Tenor

Membeli motor secara kredit tentu harus diimbangi dengan kemampuan membayar harga cicilan. Tersedia beberapa pilihan besarya cicilan dan tenor, sehingga anda harus memilih salah satu sesuai dengan keuangan anda. Pastikan penghasilan anda masih tersisa untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, tentukan pula besarnya uang muka yang anda bayarkan agar biaya cicilan lebih ringan dan waktu untuk melunasinya lebih cepat daripada seharusnya.

  1. Mengisi Formulir

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi formulir untuk mengajukan kredit motor. Dalam formulir tersebut, anda harus mengisi identitas dan sejumlah info terkait pengkredit. Informasi yang anda tuliskan harus berdasarkan kenyataan dan sesuai dengan diri sendiri. Setelah itu, pastikan telah melampirkan dokumen yang dibutuhkan. Setelah proses ini, petugas akan memberikan salinan formulir dan bukti pembayaran uang muka.

  1. Menanyakan Informasi Kredit Lengkap

Setelah seluruh proses telah dilakukan, anda harus menanyakan beberapa hal penting pada pihak leasing. Perusahaan leasing sering kali memberikan biaya tagihan yang besar kepada nasabah karena kurangnya info yang diperoleh. Anda harus menanyakan denda apabila telat membayar cicilan, biaya penalti apabila melunasi di awal, biaya mengambil BPKB, serta hal hal penting terkait ketentuan kredit secara lengkap.

  1. Survei dan Persetujuan

Setelah formulir pengajuan kredit anda serahkan, permohonan anda akan diproses. Apabila anda telah memberikan surat keterangan kerja, proses ini akan lebih cepat. Karena pihak leasing tidak perlu melakukan survey ke rumah anda. Pihak leasing akan menghubungi anda jika permohonan disetujui dan anda dapat mengambil motor yang diinginkan. Kredit motor ini akan berjalan, lalu anda harus membayar angsuran setiap bulan melalui bank atau kantor POS.

Kendaraan memang sangat membantu anda dalam bekerja atau sekolah karena biaya jauh lebih murah daripada naik kendaraan umum. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk jarak tempuh juga relative lebih singkat. Bagi yang belum memiliki motor, anda bisa mengajukan kredit agar biaya yang dikeluarkan lebih ringan. Pengajuan ini dapat mengikuti 6 prosedur agar prosesnya lebih cepat dan memeroleh motor berkualias serta harga yang lebih ringan.