10 Alasan Mengapa Klaim Asuransi Sepeda Ditolak

10 Alasan Mengapa Klaim Asuransi Sepeda Ditolak

Membeli asuransi sedikit berbeda dengan membeli produk dan layanan keuangan lainnya. Diferensiasi ini terutama karena sifat tidak berwujud dari layanan. Asuransi adalah janji. Anda tidak mendapatkan sesuatu yang nyata; selain dari dokumen kebijakan; setelah membayar premi asuransi. Hal ini membuat banyak konsumen waspada terhadap asuransi. Terutama, penolakan terhadap asuransi seperti itu karena kurangnya kesadaran. Tidak menyadari inklusi polis adalah salah satu alasan utama mengapa pemegang polis merasa sedih, dan sering marah, ketika klaim asuransi sepeda mereka ditolak.

Apa yang gagal mereka pahami adalah alasan mengapa klaim mereka ditolak. Dipicu oleh pemikiran ditipu, pemegang polis yang kurang informasi mengungkapkan kecemasan mereka di media sosial. Ini menciptakan kebingungan lebih lanjut karena semakin banyak orang menganggap asuransi sebagai konsep yang cacat daripada menggunakannya sebagai bantalan keuangan jika terjadi keadaan yang tidak terduga. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat keputusan yang tepat dalam membeli segala bentuk asuransi.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan asuransi menolak klaim, baca dulu. Poin-poin berikut akan membantu Anda meningkatkan kesadaran untuk menghindari guncangan pada saat penyelesaian klaim.

1. Selang Kebijakan

Perusahaan asuransi Anda tidak akan memenuhi permintaan klaim Anda jika diajukan terhadap polis yang sudah kadaluwarsa. Penanggung menanggung sepeda Anda hanya selama periode polis. Oleh karena itu, disarankan untuk memperbarui polis Anda sebelum habis masa berlakunya agar Anda dapat memperoleh manfaat dari pertanggungan asuransi kendaraan roda dua yang berkelanjutan.

2. Tidak Ada Cakupan

Anda tidak dapat mengklaim ‘Kerusakan Sendiri’ jika Anda hanya memiliki kebijakan Tanggung Jawab Pihak Ketiga. Klaim Anda akan ditolak sesuai dengan syarat dan ketentuan polis.

3. Berkendara Tanpa Lisensi yang Sah

Perusahaan asuransi sepeda Anda mungkin tidak menerima permintaan klaim Anda jika ternyata Anda mengendarai sepeda tanpa surat izin mengemudi yang sah pada saat kecelakaan.

4. Naik Mabuk

Minum alkohol dan mengendarai sepeda bukanlah kombinasi yang baik. Kecelakaan yang disebabkan dalam keadaan seperti itu bisa mematikan. Berkendara dalam keadaan mabuk sering dimasukkan dalam daftar pengecualian dalam polis asuransi sepeda. Perusahaan asuransi sepeda Anda akan menolak klaim yang terkait dengan berkendara dalam keadaan mabuk.

5. Klaim Penipuan

Asuransi bukanlah usaha menghasilkan uang bagi pemegang polis. Manfaatnya tidak boleh disalahgunakan dengan mengajukan klaim palsu. Perusahaan asuransi melakukan penelitian menyeluruh selama penyelesaian klaim. Jika ditemukan bahwa klaim telah diajukan dengan niat curang, pemegang polis yang bersalah mungkin menghadapi tuntutan hukum juga.

6. Keterlambatan dalam Mengajukan Permintaan Klaim

Disarankan untuk mengajukan permintaan klaim paling awal. Perusahaan asuransi yang berbeda memiliki tenggat waktu yang berbeda sebelum mereka mengharapkan klaim dimulai. Misalnya, jika Anda mengajukan klaim satu bulan setelah kecelakaan, perusahaan asuransi akan sering menolak klaim Anda dengan alasan keterlambatan dalam mengajukan permintaan klaim. Ini karena waktu yang terlewat dapat digunakan untuk menanamkan atau mendistorsi bukti, terutama dalam kasus di mana First Information Report (FIR) diperlukan.

7. Non-transfer Kepemilikan

Jika Anda telah membeli sepeda bekas, Anda perlu memastikan bahwa polis asuransi sepeda dialihkan dari pemilik sebelumnya ke nama Anda. Tidak melakukannya berarti tidak ada kebijakan atas nama Anda. Dan tidak ada kebijakan berarti tidak ada ruang untuk mengajukan klaim.

8. Modifikasi

Beberapa pengendara sepeda cenderung memodifikasi sepeda mereka sedemikian rupa sehingga sulit untuk melacaknya kembali ke model aslinya. Jika Anda adalah seseorang yang suka meramaikan sepeda Anda, pastikan untuk memberi tahu perusahaan asuransi Anda tentang hal yang sama. Modifikasi tertentu dapat meningkatkan premi asuransi sepeda Anda. Oleh karena itu, pihak asuransi dapat menolak klaim jika diajukan untuk sepeda motor modifikasi, mengingat modifikasi tersebut tidak diungkapkan sebelumnya.

9. Penggunaan Komersial

Kendaraan roda dua pribadi tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Ada kebijakan tersendiri untuk kendaraan niaga. Dengan demikian, jika sepeda pribadi rusak saat digunakan sebagai kendaraan komersial, perusahaan asuransi tidak akan menerima permintaan klaim.

10. Penggunaan Ilegal

Perusahaan asuransi akan menolak klaim asuransi sepeda jika ditemukan kendaraan roda dua yang diasuransikan rusak karena digunakan untuk tujuan ilegal seperti balap sepeda.