Cara Klaim Asuransi Mobil Tanpa Uang Tunai

Cara Klaim Asuransi Mobil Tanpa Uang Tunai

Bagi pembeli mobil baru, aspek polis asuransi mobil biasanya ditangani oleh dealer kendaraan. Setelah itu, mereka hanya memikirkan asuransi mobil baik pada saat perpanjangan polis atau pada saat terjadi klaim. Polis dapat diperpanjang melalui dealer mobil tetapi klaim hanya dapat diselesaikan oleh perusahaan asuransi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui proses penyelesaian klaim. Artikel ini berisi tentang langkah-langkah untuk mengklaim asuransi mobil cashless.

Bagaimana Proses Klaim Cashless?

Klaim Tanpa Uang Tunai adalah jenis klaim di mana garasi dan rumah sakit menyelesaikan sebagian besar tagihan di antara mereka sendiri asalkan Anda memenuhi syarat dan ketentuan. Yang harus Anda perhitungkan hanyalah biaya penyusutan, biaya yang dapat dikurangkan, dan biaya perbaikan lainnya yang tidak ditanggung oleh polis. Keuntungan yang patut dicatat dari jenis proses ini adalah jika jumlah perbaikannya besar, Anda tidak perlu segera mengaturnya, seperti yang terjadi pada Proses Penggantian Uang. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Klaim Tanpa Uang Tunai dimungkinkan karena adanya ikatan antara perusahaan asuransi dan bengkel. Garasi yang memiliki ikatan dengan perusahaan asuransi mengenai penyelesaian klaim tanpa uang tunai disebut sebagai Garasi Jaringan. Karena garasi dan perusahaan asuransi memiliki ikatan, proses antara keduanya disederhanakan dan biasanya, klaim diselesaikan dengan cepat dan lancar.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil Tanpa Uang Tunai?

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil tanpa uang tunai, Anda perlu memberi tahu perusahaan asuransi tentang kecelakaan atau kerusakan secara instan. Jika kasus kecelakaan dan kecelakaan besar, mereka akan mengirimkan surveyor mereka di tempat. Jika tidak, mereka mungkin meminta Anda untuk membawa kendaraan ke bengkel jaringan atau mereka mungkin mendereknya sendiri. Hal ini tergantung pada pihak asuransi. Dalam hal ini, surveyor akan melihat kendaraan di garasi.

Setelah surveyor memastikan kerusakan dan mendiskusikannya dengan bengkel, pekerjaan perbaikan akan dimulai dan Anda akan diberitahu tentang perkiraan tagihan dan jumlah pertanggungan asuransi. Penanggung akan menanggung biaya sesuai dengan penyertaan dan syarat dan ketentuan polis. Jumlah saldo harus diselesaikan oleh Anda. Jumlah saldo ini marjinal dibandingkan dengan seluruh jumlah tagihan.

Bagaimana Proses Klaim Cashless Bekerja?

Proses asuransi mobil cashless bekerja berdasarkan kepercayaan, koordinasi, dan profesionalisme. Perlu ada kepercayaan bersama antara pemegang polis, garasi, dan perusahaan asuransi. Semua pihak perlu berkoordinasi secara efektif dan bertindak secara profesional.

Proses Klaim Tanpa Uang Tunai bekerja berdasarkan ikatan antara garasi dan perusahaan asuransi. Dalam beberapa kasus, mungkin tidak ada ikatan resmi, tetapi meskipun demikian, perusahaan asuransi mungkin berkoordinasi dengan bengkel dan menyelesaikan klaim secara non-tunai untuk kenyamanan pemegang polis. Beberapa perusahaan asuransi memiliki daftar garasi jaringan sementara Acko memiliki hampir semuanya sebagai Garasi Tanpa Uang Tunai.

Langkah-Langkah Klaim Asuransi Mobil Cashless:

Proses yang tepat untuk mengklaim asuransi mobil cashless mungkin berbeda dari satu perusahaan asuransi mobil ke yang lain. Mungkin ada perubahan halus dalam proses berdasarkan dukungan teknis perusahaan asuransi dan strategi keseluruhan. Berikut gambaran umum tentang asuransi mobil cashless secara bertahap.

Langkah 1: Hubungi perusahaan asuransi Anda baik dengan menelepon mereka atau mengirim email. Saat ini, beberapa perusahaan asuransi memiliki bagian khusus di situs web/aplikasi mereka untuk memulai proses klaim.

Langkah 2: Bagikan detail tentang kerusakan mobil.

Langkah 3: Ikuti proses yang dinyatakan. Misalnya, jika terjadi pencurian, Anda mungkin diminta untuk mengajukan Laporan Informasi Pertama dan membagikan dokumen pendukung lainnya.

Langkah 4: Untuk klaim kecelakaan, surveyor dapat mengunjungi lokasi kecelakaan. Jika tidak, mobil perlu dibawa ke bengkel jaringan dan surveyor akan melihat kerusakan di sana.

Langkah 5: Surveyor dan mekanik akan mendiskusikan dan memberi tahu Anda biaya perbaikan dan jumlah yang ditanggung oleh polis berdasarkan cakupan dan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Langkah 6: Mobil akan diperbaiki dan tagihan akan diselesaikan antara garasi dan perusahaan asuransi mobil. Jumlah saldo (deductibles) harus Anda bayarkan ke garasi.

Catatan: Dalam beberapa kasus, penarikan kendaraan ke garasi dan pengiriman kendaraan yang diperbaiki dilakukan oleh perusahaan asuransi mobil.